Rabu, 09 November 2011

Ini Ceritaku..... :)

Dulu aku selalu berpikir aku tak akan pernah baking.  Padahal sedari kecil aku sudah suka mengumpulkan resep-resep kue.  Digunting, ditempel di buku, lalu dilihat-lihat dan dikagumi sampai akhirnya hilang bukunya.  Kebiasaan itu tetap berlanjut sampai aku dewasa dan menikah.  Resep-resep di tabloid Nyata dan di Kompas Minggu suka aku sobek dan kumpulkan, tapi akhirnya kuberikan sebagian pada temanku.
Kebetulan tetanggaku seorang tukang kue.  Kadang dia suka menjual sisa kue nya dengan harga miring padaku, namun seiring kami mulai akrab, dia memberiku kuenya secara cuma-cuma. Pernah ia memberiku seloyang chiffon pandan yang hmm...nyummyy.. Juga kue bolu hongkong yang harum susunya hmmmm…. Saat menjelang lebaran atau hari besar lainnya, pasti tercium harum kue lapis atau nastar, dan didepan pintunya ada bergentong-gentong putih telur yang tidak terpakai.  Ditambah Kay suka sekali makan Oreo Cheese Cake, situasi seperti ini seakan menginspirasiku untuk mencoba membuat kue.  

Dan proyek pertamaku adalah membuat cheese cake, setelah search sana sini di internet namun tidak menemukan resep yang kupikir mudah.  Akhirnya aku meminta resep kue cheese cake pada teman kuliah ku yang pintar membuat kue.  Dia memberiku resep yang dibilangnya resep cheese cake dasar, seingatku resepnya mengocok mentega dan gula diawal.  Di resep tertulis kocok mentega dan gula hingga pucat, tapi dipandang-pandang, kapan pucatnya yah nih adonan..? Weww...akhirnya pakai feeling aja asal cemplang cemplung..bisa ditebak gmana jadinya kan tuh kue..bantet dengan sukses..  Tapi masih bisa dimakan kalau hangat-hangat, cuma besokannya sudah ga enak lagi.  Sedihnya Kay ga mau makan kue itu, besokannya aku potong cheese cake ku seukuran Oreo Cheese Cake lalu dimicrowave sebentar.  Hehehe..suksesss....Kay dan Angie mau makan cheese cakenya.  Dikira itu Oreo Cheese Cake, karena kebetulan kuenya juga gepeng bantet yah lumayan miriplah.

Percobaan baking selanjutnya diwarnai dengan kegagalan-kegagalan.  Yah palagi sebabnya kalo bukan asal cemplang cemplung, udah kayak madam mik mak bikin ramuan sihir..tapi sayangnya tidak sukses.  Berloyang-loyang kueku akhirnya dimakan tong sampah.  Hehehe..Keras seperti batu.  Karena kasihan melihatku selalu gagal, akhirnya Hunny membelikanku oven microwave , sebelumnya aku memakai oven jadul mertua.  Jadi makin deg deg an deh..gmana yah kalau dah pake oven baru masih gagal juga.  Brarti kan emang ga bisa bakingya bukan salah ovennya.  Nguiksss…  Kebetulan waktu gotong-gotong oven barunya ketemu sama tetanggaku si tukang kue itu, sampai sekarang aku juga ga pernah nanya namanya siapa padahal kita udah akrab, aku panggil dia ii.  Si ii menawarkan mengajariku membuat cheese cake.  Hurrayyy….nah sejak melihat dia ngadon jadi lumayan lah selanjutnya bisa meminimalisir kegagalan.  Hehehe…setidaknya aku jadi tau adonan telur yang mengembang seperti apa, cara mengaduk tepung kedalam adonan, atau kapan saatnya memasukkan mentega cair ke adonan.  Dapet pencerahan dehh.. sangat-sangat berterimakasih sama si ii yang baik hati ini. 
Aku udah ga simpen lagi foto cheese cake pertama ku dan hasil baking sama si ii.  Berikut aku upload yah hasil kreasi dari dapur kecilku..








.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar